Aplikasi Pendataan Belanja Kecamatan Berbasis Web

Minggu 08 Agustus 2021 21:44:30

 

Setiap kecamatan biasanya akan mendapatkan dana yang berasal dari pemerintah, yang sudah seharusnya dikelola dengan sangat baik. Dan pendataan ini akan menjadi hal yang juga cukup krusial bila tidak ditangani dengan baik.

Untuk itu, proses pendataan ini sebaiknya dibantu dengan menggunakan software yang dirancang khusus demi kelancaran pekerjaan administrasi. Di mana software ini bisa membantu merapikan data yang bisa disesuaikan dengan kategori dan jumlah secara keseluruhannya.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi Pendataan Belanja Kecamatan yang menggunakan bahasa pemograman ini dangat mudah untuk digunakan. Setiap halaman yang tersedia juga ditampilkan dengan sederhana, sehingga sangat ramah pengguna bahkan untuk mereka yang awam sekalipun.

Selain bisa mempercepat pengelolaan data belanja, aplikasi juga bisa digunakan untuk menginput sejumlah data penting seperti kebutuhan sarana dan prasarana di wilayah kecamatan tersebut. Mempercepat pelayanan publik, memudahkan dalam perencanaan seta pembangunan, hingga kemungkinan memudahkan adanya keterbukaan informasi publik.

Fitur Aplikasi

Berikut ini adalah sejumlah fitur yang terdapat di dalam Aplikasi Pendataan Belanja Kecamatan Berbasis Web yang perlu Anda ketahui.

  • Beranda
  • Input Data
  • Laporan
  • Logout
  1. Beranda

Pada fitur beranda, berisikan form yang bisa digunakan admin yang ditunjuk untuk bisa masuk ke dalam aplikasi.

  1. Input Data

Pada fitur Input Data terdapat beberapa fitur lain yang bisa digunakan, seperti: Pendapatan, Pegawai, Belanja, Dinas, Admin, Pemeliharaan, dan Gaji. Pada fitur Pendapatan, admin bisa memasukkan data seperti, sumber pendapatan, jumlah pendapatan, dan periodenya.

Selanjutnya pada fitur Pegawai, data yang akan dimasukkan berupa: NIP, nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, jabatan, golongan, alamat, hingga nomor handphone.  Di mana seluruh data bisa di simpan, di ubah, hingga di reset.

Fitur Belanja yang terdapat pada Input Data akan menampilkan sejumlah data, seperti, nama barang, satuan, harga, jumlah dan total yang merupakan data pembelanjaan alat tulis kantor atau yang lainnya.

Sementara pada fitur Dinas, akan didapat data berupa ID anggaran, tempat tujuan, anggaran biaya dan tanggal dinas. Begitu juga pada fitur Pemeliharan, admin bisa memasukkan sejumlah data penting seperti ID anggaran, nama pemeliharaan, nama barang, kondisi, jumlah biaya, dan nama petugas yang bertanggung jawab.

Fitur Gaji yang terdapat di Input Data akan menunjukkan data berupa ID anggaran, NIP, nama, gaji pokok, tunjangan istri, tunjangan anak, serta nilai totalnya.

  1. Laporan

Aplikasi Pendataan Belanja Kecamatan berbasis web ini juga memiliki fitur Laporan yang berisikan informasi, seperti, laporan belanja, laporan pegawai, laporan pemeliharaan, laporan gaji, dan juga laporan dinas.

Selain mudah digunakan, aplikasi juga bida dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kantor kecamatan. Dan aplikasi sebaiknya digunakan dengan bijak agar bisa memberi manfaat tidak hanya bagi mereka yang bertanggung jawab dengan tugasnya, namun juga masyarakat di sekitarnya.

Spesifikasi Aplikasi

Ada pun spesifikasi yang diterdapat di dalam aplikasi adalah, template Bootstrap responsive web all web browser, database MySql dengan trigers lengkap, sourcode program PHP Framework Codeigniter V.3.0, dan tentu saja dilengkapi dengan security system yang mumpuni.

Aplikasi pendataan belanja ini sudah bisa dipastikan akan sangat berguna, terlebih pada saat proses audit dibutuhkan. Sehingga pekerjaan yang bersangkutan bisa jauh lebih mudah dan cepat diselesaikan, bahkan ketika harus bekerja di luar ruangan.

Itu dia penjelasan mengenai Aplikasi Pendataan Belanja Kecamatan berbasis web. Aplikasi juga bisa digunakan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows.

 

 

Jika anda ingin mendownload aplikasi yang jumlah nya ribuan source code silahkan kunjungi link ini DOWNLOAD